Rapat Koordinasi Percepatan Penyerapan Anggaran SKPD Se-Provinsi Banten


Dalam upaya merealisasikan Good Governance Pemerintah Daerah melalui Monitoring Dan Evaluasi Tepra   yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia khusunya di wilayah Provinsi Banten terus mendorong agar percepatan pelaksanaan  roda pemerintah yang dibiayai Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) dapat dilaksanakan secara lebih efektif, efisien dan sesuai target perencanaan.

 

Apabila penyerapan anggaran tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk Pembangunan Nasional, maka laju pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat tentu akan semakin meningkat.

Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan inovasi pengelola TEPRA , Biro Ekonomi dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Banten selaku pembina Tim TEPRA Kabupaten/Kota menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis dengan mengundang  tim pengelola TEPRA SKPD dan Tim Pengelola Tepra Kabupaten/Kota yang bertujuan untuk penyamaan persepsi terkait penginputan aplikasi SIMNONTEPRA. Dalam rapat koordinasi teknis akan dibahas tentang isu-isu terkini terkait updating aplikasi SISMONTEPRA tahun 2017.

Rapat Koordinasi Percepatan Penyerapan Anggaran SKPD (TEPRA) di Provinsi Banten dalam pelaksanaan kegiatan, saya anggap ini sangat penting dan strategis, terutama dalam mendukung kinerja pelaksanaan kegiatan di masing-masing SKPD se-Provinsi Banten. Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menghasilkan kesepahaman dan berbagai rumusan program dan kegiatan yang akan lebih meningkatkan eksistensi dan peran percepatan pelaksanaan penyerapan anggran skpd dalam rangka memacu akselerasi pembangunan dan sinergitas dalam pelaksanaan kegiatan sesuai dengan target yang telah ditetapkan melalui APBD Provinsi Banten, wawasan maupun profesionalisme aparatur percepatan penyerapan anggaran skpd di provinsi banten untuk memperbaiki penyerapan anggaran pada tahun anggaran 2016 ini.

Dapat saya sampaikan pula bahwa realisasi APBD Provinsi Banten dan Kabupaten / Kota se-provinsi banten ta. 2016 serta realisasi anggaran triwulan iii adalah:

  1. PROVINSI BANTEN APBD T.A 2016 = 8,811 T DAN REALISASI KEUANGAN = 61,72 %
  2. KABUPATEN SERANG = 2,891 T DAN REALISASI KEUANGAN = 59,92%
  3. KABUPATEN LEBAK = 2,605 T DAN REALISASI KEUANGAN = 56,44%
  4. KABUPATEN PANDEGLANG = 2,622 T DAN REALISASI KEUANGAN = 50,08 %
  5. KABUPATEN TANGERANG  = 4,775 T DAN REALISASI KEUANGAN = 54,06 %
  6. KOTA SERANG = 1,286 T DAN REALISASI KEUANGAN = 49,89 %
  7. KOTA CILEGON = 1,783 T DAN REALISASI KEUANGAN = 37,06 %
  8. KOTA TANGERANG = 4,198 T DAN REALISASI KEUANGAN = 48,51 %
  9. KOTA TANGERANG SELATAN = 3,304 T DAN REALISASI KEUANGAN = 35,33 %. TOTAL DARI APBD TA.2016 =  32,280 T

 

Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi Banten melalui Biro Ekonomi Dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Banten Tahun 2016 ini terus dan tetap memegang komitmen atas penyelenggaraan kesepakatan yang telah dituangkan dalam berita acara mulai dari penyampaian laporan dan monitoring bersama para SKPD se-Provinsi Banten, pelaporan informasi pelaksanaan kegiatan provinsi yang berada di masing-masing skpd serta melihat keberhasilan percepatan penyerapan di provinsi banten semuanya telah kita laksanakan bersama. Selanjutnya dalam mengembangkan koordinasi dan harmonisasi kegiatan kedepan perlu dukungan para SKPD terkait dalam percepatan penyerapan terhadap anggaran SKPD se-Provinsi Banten.

 

 


Tentang Kami


Statistik Kunjungan