RAPAT TIM TERKOORDINASI FORUM PENGEMBANGAN EKONOMI BANTEN (FPEB) TAHUN 2016


Biro Ekonomi dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Banten melakukan kegiatan Rapat Tim Terkoordinasi Forum Pengembangan Ekonomi Banten (FPEB) tahun2016 DI Hotel Le-Dian pada bulan Maret 2016 , yang di buka oleh Asisten Daerah Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat yang juga merangkap sebagai Plt. Kepala Biro Ekonomi dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi BantenIr. Hj. Eneng Nurcahyati, dengan mengadirkan beberapa narasumberantara lain: Asisten Deputi Pasar Modal Dan Lembaga Keuangan Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI,  Asisten Deputi Peningkatan Peran Serta Masyarakat Kementrian Koperasi  dan UMKM RI, dan Sekretaris Ditjen Ikm Kementrian Perindustrian RI dengan melibatkan peserta  dari SKPD Provinsi Dan  Kabupaten / Kota serta tamu undangan lainnya.

 

Dalam Kata Sambutannya Asisten Daerah Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat yang juga merangkap sebagai Plt. Kepala Biro Ekonomi dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi BantenIr. Hj. Eneng Nurcahyati memberikan arahan sebagai berikut :

 

  • Dalam upaya merealisasikan tekad dan tujuan kita bersama dalam membangun Banten sangat diperlukan kebersamaan dan bersinergi. melalui tim terkoordinasi Forum Pengembangan Ekonomi Banten (FPEB) menindaklanjuti  Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor ; 500/ 2390/ V/ bangda tanggal 27 November 2008 tentang Pedoman Umum Pengembangan Kelembagaan Forum Pengembangan Ekonomi Daerah ( FPED ), dan penerapannya di Provinsi Banten pada rencana regulasi dalam bentuk Keputusan Gubernur Banten, tentang Pembentukan Forum Pengembangan Ekonomi Banten, maka  untuk melakukan percepatan peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah di perlukan upaya  penajaman berbagai sektor dan indikator pertumbuhan serta keterpaduan program yang proporsional antara komponen yang di dukung oleh penguatan kelembagaan ekonomi.

 

  •     Pentingnya Forum Pengembangan Ekonomi Banten (FPEB) sebagai wadah stakeholder untuk :
  1. Mengekpresikan segenap pandangan, saran, kritiksecara obyektif dan rasional atas permasalahan pembangunan (ekonomi) daerah serta berpartisipasi dalam merumuskan perkiraan dampak dan solusinya;
  2. Sebagai katasilator, motivator dan dinamisator atas internalisasi kebijakan pembangunan ekonomi daerah yang di rumuskan bersama-sama dalam bentuk kemitraan fungsional;
  3. Merupakan sarana pembentukan modal sosial masyarakat ( kebersamaan gotong royong, kekeluargaan ) yang merupakan basis alokasi sumberdaya ekonomi daerah yang yang lebih efektif dan efisien.

 

  • Arah FPEB ke  Minapolitan  terpadu Kabupaten Serang, dan diharapkan membuat Kelompok Kerja (Pokja)  Forum Pengembangan Ekonomi Banten, langkah awal membuat perencanaan jangka panjang :
  1. Membuat rencana pengembangan  Minapolitan  terpadu
  2. Ada 3 aspek langkah yang utama:  ekonomi,  sosial dan  lingkungan.
  3. Membuat pailot projek yang di angkat kampung Nawacita ( 9 cita-cita ) /  Minapolitan   terpadu, semua  kriteria  masuk semua sektor.
  4. Nawacita FPEB adalah wadah stakeholder, motivator dan sarana kebersamaan,
  5. Melibatkan Pemerintah, Dunia Usaha , Perbankan, Akademisi,  LSM, Dan Media.

 

  • Gambaran mengenai kondisi perekonomian, berharap kedepan menjadi salah satu acuan menentukan kebijakan di bidang ekonomi tentang Forum Pengembangan Ekonomi Banten ( FPEB ).

 

  • Tujuan pelaksanaan rapat koordinasi Forum Pengembangan Ekonomi Banten (FPEB).Provinsi Banten:
  1. Bersinergi  antara Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Daerah Kab/ Kota serta stakeholder, bidang ekonomi khususnya di Forum Pengembangan Ekonomi Banten (FPEB).
  2.  Merumuskan peran sektor usaha utama di masa yang akan datang dalam perekonomian di Provinsi Banten.
  3. Membuat Sekretariat MEA di Kabupaten / Kota

 

  • Biro Ekonomi Dan Administrasi Pembangunan  Setda Provinsi Banten,  menggagas sebuah rencana pembangunan dari berbagai sektor perekonomian, hal ini juga dimaksudkan untuk menyamakan persepsi sehingga ada kesamaan pandangan yang mengikat, bentuk  yang mempunyai visi dan misi untuk  masyarakat di Provinsi Banten.

 

  • Harapan kedepannya,  maka demikian luasnya apa–apa yang harus kita tangani dalam memajukan pembangunan di Banten ini,  oleh karena itu melalui rapat koordinasi Forum Pengembangan Ekonomi Banten (FPEB) di Provinsi Banten, dalam kegiatan ini diharapkan akan tercetus gagasan-gagasan yang cemerlang dari para peserta maupun stakeholders serta apa yang menjadi perbedaan persepsi, kekurangan-kekurangan, kita satukan persepsi  dan bersinergi untuk pembangunan Provinsi Banten, serta menumbuhkan perekonomian masyarakat , yang maju dan mandiri.

Tentang Kami


Statistik Kunjungan