SOSIALISASI SELF ASSESSMENT TINGKAT KEMATANGAN ORGANISASI ULP


Indonesia saat ini terus melakukan reformasi di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah. Salah satu langkah reformasi tersebut adalah melalui pembentukan unit layanan  pengadaan  (ULP)  yang  independen,  bebas  intervensi  dan  berintegritas  di setiap kementerian/ lembaga/pemerintah   daerah/institusi(k/l/d/i). 

Sejalan dengan program pemerintah tersebut provinsi banten membentuk unit layanan pengadaan (ULP) provinsi banten yang kukuhkan dengan peraturan gubernur banten nomor 4 tahun 2014 tentang pembentukan unit layanan pengadaan pemerintah provinsi banten yang dikeluarkan tanggal 9 januari 2014  dengan pertimbangan  bahwa sesuai ketentuan pasal 14 ayat (1), peraturan presiden nomor 54 tahun 2010 yang telah beberapa kali diubah, terakhir dengan peraturan presiden nomor 4 tahun 2015,

 

Keberadaaan  ULP  di provinsi banten  dalam  proses  pengadaan  barang/jasa di lingkungan   pemerintah   provinsi banten   sejauh   ini   sangat   penting.   Dalam menjamin   proses   pengadaan   barang/jasa   pemerintah   sesuai   dengan   peraturan perundangan  yang  berlaku,  ULProvinsi bantenpada tahun 2015 ULP provinsi banten telah melelangkan sebanyak 704 paket pengadaan barang/jasa dengan pagu sebesar 1,3 triliyun dengan efisiensi sebesar 109 miliyar.

Lkpp menargetkan tingkat kematangan unit layanan pengadaan ULP pada tahun 2019 sudah  definitif/berdiri sendiri  dengan tahap kematangan level lima.

Selanjutnya berdasarkan pemetaan tersebut, ULP juga menyusun sebuah peta jalan (roadmap) pengembangan kapasitas organisasi ULP sehingga sub-sub variabel dalam kematangan organisasi.

 

Maksud dari kegiatan sosialisasi kematangan organisasi ULP ini adalah untuk mengetahui variabel- variabel dan  indikator yang mempengaruhi tingkat kematangan organisasi ULP yang dapat dijadikan ukuran untuk menilai level ULP.

Sedangkan tujuannya adalah untuk menilai tingkat kematangan organisasi ULP serta membantu organisasi ULP dalam menemukan area/variabel yang perlu ditingkatkan dalam rangka pengembangannya.

Sosialisasi kematangan organisasi ULP ini merupakan salah satu program lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah (LKPP-RI) dalam rangka membantu organisasi ULP menetukan tingkat kematangan organisasi ULP di seluruh provinsi di indonesia.


Tentang Kami


Statistik Kunjungan