Proses penyelesaian sengketa publik


PROSES PENYELESAIAN SENGKETA PUBLIK

 

Upaya penyelesaian Sengketa Informasi Publik melalui Komisi Informasi hanya dapat diajukan melalui proses keberatan kepada atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi. Pengajuan keberatan secara tertulis kepada atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi sekurang-kurangnya berisikan nama dan/atau instansi asal pengguna Informasi, alasan mengajukan keberatan, tujuan menggunakan Informasi, dan kasus posisi permintaan Informasi yang dimaksud. Yang dimaksud dengan “atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi” adalah pejabat yang merupakan atasan langsung pejabat yang bersangkutan dan/atau atasan dari atasan langsung pejabat yang bersangkutan. Payung hukum dan tata cara penyelesaian Sengketa Informasi Publik termaktub dalam peraturan sbb:

UU NO. 14 tahun 2008 tentang Keberatan dan Penyelesaian Sengketa Informasi;

Peraturan Komisi Informasi Nomor 2 Tahun 2010 Tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik;

Penjelasan PERKI Nomor 2 Tahun 2010 Tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik.

Berikut adalah ilustrasi singkat mengenai alur penyelesaian Sengketa Informasi Publik :


Tentang Kami


Statistik Kunjungan