Hak Pemohon Informasi Publik


Berdasarkan Undang-Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

 

  1. Pemohon informasi berhak untuk memimta seluruh informasi yang berada di Badan Public kecuali (a) informasi yang apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi dapat: menghambat proses penegak hokum; mengganggu kepentingan perlindungan hak atas kekayaan intelektual dan perlindungan dari persaingan usaha tidak sehat; membahayakan pertahanan dan keamanan negara; mengungkap kekayaan Indonesia; merugikan ketahanan ekonomi nasional; merugikan kepentingan hubungan luar negeri; mengungkap isi akta otentik yang bersifat pribadi dan kem auan terakhir ataupun wasiat seseorang; mengungkap rahasia pribadi; memorandum atau surat-surat antar Badan Publik atau intra Badan Publik, yang menurut sifatnya dirahasiakan kecuali atas putusan Komisi Informasi atau pengadilan; informasi yang tidak boleh diungkapkan berdasarkan Undang-Undang.
  2. Pastikan anda mendapat tanda bukti permohonan informasi beupa nomor pendaftaran ke petugas informasi/ppid. Bila tanda bukti pemohon informasi tidak diberikan, tanyakan kepada petugas informasi alasannya, mungkin permintaan informasi anda kurang lengkap.
  3. Pemonhon informasi berhak mendapatkan pemberitahuan tertulis tentang diterimanya atau tidak permohonan informasi dalam jangka 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan informasi oleh badan publik. Badan public dapat memperpanjang waktu untuk memberi jawaban tertulis 1 x 7 hari kerja dalam hal infromasi yang diminta belum dikuasi/didokumentasikan/belum dapat diputuskan apakah informasi yang diminta termasuk informasi yang dikecualikan.
  4. Apabila permohonan informasi tidak puas dengan keputusan badan public (missal menolak permintaan anda atau memberikan sebagian yang diminta), maka pemohon informasi dapat mengajukan keberatan kepada atasan PPID dalam jangka waktu 30 hari hari kerja sejak permohonan informasi ditolak/ditentukanya alasan keberatan lainya.  Atasan PPID wajib memberikan tanggapan tertulis atas keberatan yang diajukan permohonan informasi selambat-lambatnya 30 hari hari kerja sejak permohonan informasi sejak diteriam pengajuan keberatan dalam register keberatan.
  5. Apabila pemohon informasi tidak puas dengan keputusan atasan PPID, maka pemohon dapat mengajukan keberatan kepada komsi infromasi dalam jangka waktu 14 hari kerja saat diterimanya keputusan atasa PPID oleh pemohon informasi publik.
  1. Pemohon informasi memiliki itikad baik dalam kebutuhan informasinya;
  2. Pemohon Informasi dapat mengajukan permohonan informasi publik ke Badan Publik dan atau ke desk layanan PPID Provinsi Banten;
  3. Permohonan infomasi juga dapat dilakukan melalui surat elektronik yang  ditujukan  ke  website  PPID  Provinsi  Banten  dan/atau  website  Badan  Publik;
  4. Pemohon  informasi  harus  mengisi formulir  permintaan  informasi  serta melampirkan foto copy KTP pemohon dan/atau pengguna informasi;
  5. Bagi  pemohon  informasi  yang  mengajukan  permohonn  melalui  surat  elektronik  pengisian  formulir  permohonan  informasi  dapat  dilakukan  dengan surat elektronik jugaa;
  6. Maksud dan tujuan Permintaan Informasi harus jelas penggunaanya;
  7. Petugas meregister permohonan informasi dan memberikan tanda bukti  penerimaan  permintaan  informasi  publik  kepada  pemohon  informasi publik setelah persyaratan permohonan dinyatakan lengkap.

Tentang Kami


Statistik Kunjungan