Gambaran Umum


Gambaran Umum

A.  Gambaran Umum

        Biro Administrasi Pembangunan Daerah Setda Provinsi Banten merupakan salah satu unsur Stafing pada Sekretariat Daerah Provinsi Banten juga merupakan bagian dari perangkat daerah Pemerintah Provinsi Banten yang mempunyai tugas membantu Gubernur dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 83 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Tugas Pokok, Fungsi, Susunan Organisasi Dan  Tata Kerja, Perangkat Daerah  Provinsi Banten  dimana Biro Administrasi Pembangunan Daerah Setda Provinsi Banten secara hirarkis berada di bawah Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat.

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan Peraturan Daerah tersebut diatas, adalah sebagai berikut :

a. Tugas Pokok Biro Administrasi Pembangunan Daerah Setda Provinsi Banten:

Membantu Asisten Pembangunan dan Perekonomian untuk melaksanakan pembinaan, koordinasi, evaluasi dan perumusan kebijakan dibidang perencanaan, pelaksanaan pembangunan dan analisa data, pengendalian pelaksanaan pembangunan dan administrasi pelaksanaan pembangunan dan pengadaan barang dan jasa;

      b. Fungsi Biro Administrasi Pembangunan Daerah Setda Provinsi Banten :

  1. Pelaksanaan penyiapan perumusan kebijakan di bidang pengadaan  barang dan administrasi pembangunan;
  2. Pelaksanaan koordinasi dan penyusunan program kegiatan serta petunjuk teknis pelaksanaan pembangunan, monitoring dan evaluasi, pengelolaan dan pengadaan barang;
  3. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi administrasi kebijakan pembangunan;
  4. Pelaksanaan pembinaan teknis di bidang administrasi pembangunan; dan
  5. Pelaksanaan tugas - tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

TUPOKSI BIRO ADMINISTRASI PEMBANGUNAN DAERAH

         Berdasarkan PERDA Pemerintah Provinsi Banten Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Pembentukan, Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah Provinsi Banten, Biro Administrasi Pembangunan Daerah Setda Provinsi Banten mempunyai tugas pokok dan fungsi yaitu membantu Asisten Ekonomi dan Pembangunan melaksanakan pembinaan, koordinasi, evaluasi dan perumusan kebijakan dibidang pengendalian administrasi pelaksanaan pembangunan.

         Dalam menjalankan Tupoksi Biro Administrasi Pembangunan Daerah Setda Provinsi Banten sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah dan Bagian-bagian pada Biro Administrasi Pembangunan Daerah Setda Provinsi Banten mempunyai tugas sebagai berikut :

a.Tugas Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah

  1. Menetapkan rencana kerja Biro;
  2. Merencanakan, mengkoordinasikan, mengendalikan, mengevaluasi pembinaan dan penggembangan kelembagaan dan sarana perekonomian;
  3. Merencanakan, mengkoordinasikan, mengendalikan, mengevaluasi pelaksanaan koordinasi perumusan kebijakan evaluasi pembangunan daerah berdasarkan ketentuan perundang-undangan;
  4. Merencanakan, mengkoordinasikan, mengendalikan, mengevaluasi pelaksanaan koordinasi perumusan kebijakan penyusunan pedoman pelaksanaan dan pelaporan administrasi pembangunan daerah berdasarkan ketentuan perundang-undangan;
  5. Merencanakan, mengkoordinasikan, mengendalikan, mengevaluasi pelaksanaan koordinasi perumusan kebijakan pengadaan barang/jasa berdasarkan ketentuan perundang-undangan;
  6. Merencanakan, mengkoordinasikan, mengendalikan, mengevaluasi pelaksanaan koordinasi perumusan kebijakan pengembangan system analisis data pelaksanaan pembangunan berdasarkan ketentuan perundang-undangan;
  7. Mengendalikan pelaksanaan tugas dilingkungan biro berdasarkan program dan rencana kerja yang telah ditetapkan;
  8. Mengkoordinasikan penyusunan standarisasi barang/jasa pemerintah dan pedoman pelaksanaan pembangunan tahunan;
  9. Membina pelaksanaan administrasi pemerintahan dan pembangunan serta bawahan di lingkungan biro;
  1. Mengarahkan pelaksanaan tugas kepada bawahan di lingkungan biro;
  2. Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan dilingkungan biro;
  3. Mengawasi dan mengendalikan penyelenggaraan administrasi keuangan, administrasi kepegawaian, pengadaan barang/jasa,  pengelolaan surat menyurat di lingkungan biro;
  4. Menyelenggarakan penatausahaan data dan informasi biro;
  5. Melaporakan hasil pelaksanaan kegiatan dilingkungan biro
  6. Melaksanakan tugas lain sesuai tugas dan fungsinya

 

Kepala Bagian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan dan

 Pengadaan Barang dan Jasa

  1. Kepala Bagian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan dan Pengadaan Barang dan Jasa mempunyai tugas pokok membantu Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah dalam menyiapkan bahan pengendalian, koordinasi, evaluasi penyusunan pedoman pelaksanaan pembangunan serta tata usaha biro.
  2. Kepala Bagian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan dan Pengadaan Barang dan Jasa mempunyai rincian tugas sebagai berikut :
  1. Merumuskan rencana operasional di Bagian Administrasi Pembangunan Daerah berdasarkan program kerja Biro serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas kepada bawahan di Bagian Administrasi Pembangunan Daerah sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien;
  3. Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di Bagian Administrasi Pembangunan Daerah sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Menyelia pelaksanaan tugas bawahan di Bagian Administrasi Pembangunan Daerah secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di Bagian Administrasi Pembangunan Daerah dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di maa yang akan datang;
  6. Menyusun laporan pelaksanaan tugas Pembangunan Daerah sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja;
  7. Merumuskan bahan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi administrasi penyusunan pedoman pelaksanaan pembangunan;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis;
  9. Merumuskan bahan koordinasi penyusunan pedoman pelaksanaan pembangunan;
  10. Melaksanakan Pelaksanaan koordinasi, pemantauan, evaluasi pelaksanaan pembangunan;
  11. Merumuskan kebijakan penyusunan pedoman pelaksanaan pembangunan dan standarisasi harga barang/jasa pemerintah;
  12. Merumuskan dan fasilitasi rekonsiliasi pelaksanaan pembangunan
  13. Merumuskan dan fasilitasi kompilasi data pelaporan pelaksanaan pembangunan
  14. Merumuskan bahan kegiatan penyusunan pedoman pelaksanaan pembangunan dan standarisasi harga satuan barang/jasa pemerintah
  15. Merumuskan bahan evaluasi kebijakan penyusunan pedoman  pelaksanaan pelaporan pembangunan serta standarisasi harga satuan barang/jasa pemerintah
  16. Merumuskan bahan penyusunan program dan petunjuk pelaksanaan penyusunan pedoman dan pelaporan pelaksanaan pembangunan
  17. Melaksanakan Pelaksanaan penyelenggaraan perencanaan, pengendalian dan evaluasi administrasi pelaksanaan pembangunan
  18. Melaksanakan pengkajian, penyempurnaan dan pengembangan administrasi pelaksanaan pembngunan
  19. Melaksanakan administrasi tata usaha biro
  20. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis;
  1. Kepala Bagian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan dan Pengadaan Barang dan Jasa, membawahkan :
  1. Kepala Sub Bagian Penyusunan Pedoman Pelaksanaan Pembangunan;
  2. Kepala Sub Bagian Pengadaan Barang dan Jasa;
  3. Kepala Sub Bagian Pengendalian Pengadaan Barang dan Jasa;

 

Kepala Sub Bagian Penyusunan Pedoman Pelaksanaan Pembangunan

  1. Kepala Sub Bagian Penyusunan Pedoman Pelaksanaan Pembangunan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan Penyiapan bahan rumusan kebijakan penyusunan pedoman pelaksanaan pembangunan, melaksanakan tugas lain sesuai fungsi dan tugasnya.
  2. Kepala Sub Bagian Penyusunan Pedoman Pelaksanaan Pembangunan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :
  1. Merencanakan Kegiatan Sub Bagian Penyusunan Pedoman Pelaksanaan Pembangunan;
  2. Membagi Tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Subbidang Penyusunan Pedoman Pelaksanaan Pembangunan;
  1. Membimbing Pelaksanaan tugas bawahan Subbag sesuai tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  2. Memeriksa hasil kerja bawahan Subbag sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;
  3. Mengevaluasi pelaksanaan Subbag dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;
  4. Melaporkan pelaksanaan kinerja Subbag sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang;
  5. Menyusun bahan rumusan kebijakan pedoman dan pelaksanaan  pembangunan, standarisasi harga barang/jasa pemerintah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  6. Menyusun bahan pedoman pelaksanaan pembangunan, standarisasi harga barang/jasa pemerintah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  7. Menyusun bahan pelaksanaan koordinasi penyusunan pedoman pelaksanaan pembangunan, standarisasi harga barang/jasa pemerintah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  8. Melakukan dan mengerjakan pengolahan dan penyiapan bahan penyusunan pedoman pelaksanaan pembangunan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  9. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis;

 

Kepala Sub Bagian Pengadaan Barang dan Jasa

  1. Kepala Sub Bagian Pengadaan Barang dan Jasa mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan pengadaan barang dan jasa, melaksanakan tugas lain sesuai fungsi dan tugasnya;
  2. Kepala Sub Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Mempunyai rincian tugas sebagai berikut :
  1. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Pengadaan Barang dan Jasa berdasarkan rencana operasioanl Bagian Pengadaan Barang dan Jasa sebagai pedoman Pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Subbag Pengadaan Barang dan Jasa;
  3. Membimbing Pelaksanaan tugas bawahan Sub Bagian Pengadaan Barang dan Jasa sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  4. Memeriksa hasil kerja bawahan Sub Bagian Pengadaan Barang dan Jasa sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;
  6. Melaporkan pelaksanaan kinerja Sub Bagian Pengadaan Barang dan Jasa sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang;
  7. Menyusun bahan rumusan kebijakan pengadaan barang/jasa berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  8. Menyusun bahan petunjuk teknis pelaksanaan pengadaaan barang dan jasa berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  9. Melaksanakan fasilitasi pelaksanaan Layanan Pengadaan Barang/Jasa berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  10. Melaksanakan koordinasi pengadaan Barang/jasa agar pengadaaan barang dan jasa yang dilaksanakan sesuai berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  11. Menyusun Bahan penilaian Jabatan Fungsional Pengadaan Barang/Jasa
  12. Menyusun bahan pengendalian dan evaluasi pengadaaan barang/jasa berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  13. Membimbing dan mengarahkan pelaksanaan tugas kepada bawahan;
  14. Melakukan dan mengerjakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan  tugas dan fungsinya.
  15. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis;

 

Kepala Sub Bagian Pengendalian Barang dan Jasa

  1. Kepala Sub Bagian Pengendalian Barang dan Jasa mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan pengendalian pengadaan barang dan jasa, melaksanakan tugas lain sesuai fungsi dan tugasnya.
  1. Kepala Sub Bagian Pengendalian Barang dan Jasa Mempunyai rincian tugas sebagai berikut :
  1. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Pengendalian Barang dan Jasa berdasarkan rencana operasional Bagian Pengendalian Barang dan Jasa sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Pengendalian Barang dan Jasa;
  3. Membimbing pelaksanaan tugas Sub Bagian Pengendalian Barang dan Jasa sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  4. Memeriksa hasil kerja bawahan Sub Bagian Pengendalian Barang dan Jasa sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku  agar terhindar dari kesalahan;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan Sub Bagian Pengendalian Barang dan Jasa dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;
  6. Melaporkan pelaksanaan kinerja Sub Bagian Pengendalian Pengadaan Barang dan Jasa sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang;
  7. Menyusun bahan rumusan kebijakan pengendalian barang/jasa berdasarkan ketentuan peraturan peruendang-undangan;
  8. Menyusun bahan petunjuk teknis pelaksanaan pengendalian barang dan jasa berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  9. Menyusun bahan pengendalian dan evaluasi pengadaan barang/jasa berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis;

 

Kepala Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan

  1. Kepala Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan, penyusunan petunjuk pelaksanaan dan evaluasi kebijakan pengendalian pengadaan barang dan jasa dan pengendalian pembangunan.
  2. Kepala Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan mempunyai tugas sebagai berikut :
  1. Menyusun rencana operasional Bagian Administrasi Pembangunan Daerah berdasarkan program kerja Biro serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas kepada bawahan Bagian Administrasi Pembangunan Daerah sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien;
  3. Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan Bagian Administrasi Pembangunan Daerah sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Menyelia pelaksanaan tugas bawahan Bagian Administrasi Pembangunan Daerah secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan tugas Bagian Administrasi Pembangunan Daerah dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang;
  6. Menyusun laporan pelaksanaan tugas Bagian Administrasi Pembangunan Daerah sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja;
  7. Melakukan dan mengidentifikasi permasalahan pengendalian pelaksanaan pembangunan sebagai bahan untuk dijadikan laporan atau pertimbangan kepada atasan;
  8. Merumuskan bahan program tahunan pembanguan daerah secara teknis operasional berupa bahan atau petunjuk tentang penyusunan Anggran Pendapatan Daerah (APBD), bantuan pembangunan (subsidi Propinsi/APBN) dan bantuan anggran pembanguan lainnya;
  9. Merumuskan bahan pengendalian secara administrasi terhadap program-program pembangunan melalui Rencana Kerja Anggaran dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan menyusun program pembangunan tahun berjalan dan persiapan dalam bentuk DPA Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah;
  10. Mensosialisasikan jadwal pelaksanaan program pembangunan tahun berjalan dan persiapan tahun berikutnya, serta melaksanakan kerjasama dengan instansi terkait dalam penyusunan rencana pembangunan maupun kegiatan penelitian dan pengembangan;
  11. Melaksanakan dan memelihara data serta dokumen-dokumen kegiatan pembangunan lainnya, serta melakukan kajian terhadap outcome pelaksanaan kegiatan pembangunan;
  12. Merumuskan bahan penyelesaian permasalahan administrasi pelaksanaan program dan kegiatan ;
  13. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis;

 

Kepala Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan

  1. Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan;
  2. Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Kuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi khusus dan Tugas Perbantuan;
  3. Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah.

Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi

Pelaksanaan Pembangunan

  1. Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan melakukan penyusunan bahan perumusan kebijakan pengendalian pembangunan, melaksanakan tugas lain sesuai fungsi dan tugasnya.
  2. Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :
  1. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan berdasarkan rencana operasional Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan;
  3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  4. Memeriksa hasil kerja bawahan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku  agar terhindar dari kesalahan;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;
  6. Melaporkan pelaksanaan kinerja Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang;
  7. Menyusun bahan rumusan kebijakan pengendalian  pembangunan berdasarkan  ketentuan peraturan perundang-undangan;
  8. Menyusun bahan pedoman pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pembangunan ekonomi daerah, pemerintahan, sosial budaya dan fisik prasarana berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  9. Menyusun bahan evaluasi dan percepatan penyerapan anggaran berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  10. Melakukan dan mengerjakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan dana hibah dan bantuan sosial berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  11. Menyusun bahan fasilitasi pengendalian dana hibah dan bantuan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  12. Menyusun bahan petunjuk teknis pelaksanaan pengendalian  pembangunan berdasarkan ketentuan peratuan perundang-undangan;
  13. Menyusun bahan pelaksanaan koordinasi pengendalian pembangunan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  14. Menyusun bahan pengendalian dan evaluasi pengendalian pelaksanaan pembangunan berdasarkan  ketentuan  peraturan perundang-undangan;
  15. Menyusun bahan administrasi pengendalian pelaksanaan  pembangunan berdasarkan ketentuan paraturan perundang-undangan;
  16. Melakukan dan mengerjakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

Kepala Sub-Bagian Pengendalian Administrasi

Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi,

Dana Alokasi Khusus dan Tugas Perbantuan

  1. Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas Perbantuan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan melakukan koordinasi, penyusunan bahan kebijakan Keuangan, Dekontralisasi Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas Perbantuan.
  1. Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas Perbantuan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :
  1. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi  Dana Tugas Alokasi Khusus dan Tugas Perbantuan  berdasarkan rencana operasional Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas Perbantuan;
  3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan Dekonsentrasi Dana Alokasi Khusus dan Tugas Perbantuan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  4. Memeriksa hasil kerja bawahan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan Dekonsentrasi Dana Alokasi Khusus Dan Tugas Perbantuan  sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku  agar terhindar dari kesalahan;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan Dekonsentrasi Dana Alokasi Khusus dan tugas perbantuan  dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;
  6. Melaporkan pelaksanaan kinerja Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan Dekonsentrasi Dana Alokasi Khusus dan Tugas Perbantuan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang;
  7. Menyusun bahan kebijakan, pembinaan, bimbingan, koordinasi, monitoring dan evaluasi serta pengawasan penyelenggaraan dekonsentrasi dan tugas pembantuan;
  8. Menyusun bahan pelaksanaan system informasi manajernen bidang dekonsentrasi dan tugas pembantuan;
  9. Melakukan pengkoordinasian penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang dekonsentrasi dan tugas pembantuan lingkup provinsi dan kabupaten / kota;
  10. Melakukan fasilitasi bimbingan teknis dekonsentrasi dan tugas pembantuan lingkup provinsi dan kabupaten / kota;
  11. Mengerjakan dan mengevaluasi laporan hasil pelaksanaan kegiatan dekonsentrasi dan tugas pembantuan;
  12. Melakukan pelayanan administrasi dan teknis bidang dekonsentrasi dan tugas pembantuan;
  13. Mengerjakan layanan konsultasi pelaksanaan program kegiatan dekonsentrasi dan tugas pembantuan;
  14. Menyiapkan bahan dan mengevaluasi pelaksanaan program kegiatan  dekonsentrasi dan tugas pembantuan;
  15. Melakukan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kebijakan pemerintahan daerah di bidang dekonsentrasi dan tugas pembantuan;
  16. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi

Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah

  1. Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan Keuangan dan Aset daerah mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian pengendalian administrasi pendapatan keuangan dan aset daerah, melaksanakan koordinasi penyusunan kebijakan dibidang pendapatan, keuangan dan asset, melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dibidang asset melaksanakan tugas lain sesuai fungsi dan tugasnya.
  2. Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah mempunyai rincian tugas sebagai berikut :
  1. Merencanakan Kegiatan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah berdasarkan rencana operasional Bagian Pengendalian Admnistrasi Pelaksanaan Pembangunan Sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas;
  2. Membagi Tugas kepada bawahan sesuai tugas dan tanggung jawan masing masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas sub bagian Pengendalian Administrsi Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah;
  3. Membimbing Pelaksanaan tugas bawahan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan Keuangan dan aset  Daerah sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang di berikan agar pekerjaan berjalan terib dan lancar;
  4. Memerika hasil kerja bawahan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan Keuangan Daerah Sesuai dengan Prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari masalah;
  5. Mengevaluasikan pelaksanaan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan Keuangan dan aset daerah;
  6. Melaporkan Pelaksanaan Kinerja sub Bangian Pengendalian Administrasi Pendapatan Keuangan Daerah;
  7. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis;

 

Kepala Bagian Perencanaan Pelaksanaan

Pembangunan dan Analisa Data

  1. Kepala Bagian Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data mempunyai tugas pokok sebagai berikut :
  1. Menyusun rencana operasional Bagian Perencanaan Pembangunan dan Analisa Data berdasarkan Program Kerja Biro serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Mendistribusikan tugas kepada bawahan Bagian Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien;
  3. Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan Bagian Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data  sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Menyelia pelaksanaan tugas bawahan Bagian Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan Bagian Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan  dan Analisa Data  dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang;
  6. Menyusun laporan pelaksanaan tugas Bagian Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja;
  7. Merumuskan petunjuk teknis penyusunan RKA dan DPA SKPD berdasarkan peraturan yang berlaku sebagai pedoman;
  8. Mengkoordinasikan kegiatan ketatausahaan Biro berdasarkan peraturan yang berlaku untuk kelancaraan tugas Biro;
  9. melaksanakan koordinasi tentang kebijakan Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.
  1. Kepala Bagian Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data, membawahkan :
  1. Kepala Sub Bagian Analisa Data Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan;
  2. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan;
  3. Kepala Sub Bagian Tata Usaha.

 

Kepala Sub Bagian Analisa Data Kegiatan dan

Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan

  1. Kepala Sub Bagian Analisa Data Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :
  1. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Analisa Data Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan berdasarkan rencana operasional Bagian Analisa Data Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Analisa Data Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan;
  3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan Sub Bagian Analisa Data Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  4. Memeriksa hasil kerja bawahan Sub Bagian Analisa Data Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan  sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku  agar terhindar dari kesalahan;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Analisa Data Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;
  6. Melaporkan pelaksanaan kinerja Sub Bagian Analisa Data Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang;
  7. Menyusun bahan analisis data per bagian  dan koordinasi dalam rangka evaluasi  pelaksanaan kegiatan.
  8. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis;

 

Kepala Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan

                Pengembangan Administrasi Pembangunan       

  1. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :
  1. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan berdasarkan rencana operasional Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Administrasi Pembnagunan;
  3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  4. Memeriksa hasil kerja bawahan Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan  sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku  agar terhindar dari kesalahan;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;
  6. Melaporkan pelaksanaan kinerja Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang;
  7. melakukan pelaksanaan pengumpulan data dan informasi pelaksanaan pembangunan;
  8. menyusun bahan pelaksanaan analisa dan pengkajian pelaksanaan pembangunan;
  9. memproses laporan dan rekomendasi hasil analisis dan pengkajian pelaksanaan pembangunan;
  10. menyusun petunjuk teknis penyusunan RKA dan DPA SKPD berdasarkan prosedur yang berlaku sebagai pedoman.
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis;

 

Kepala Sub Bagian Tata Usaha

  1. Kepala Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data dalam melaksanakan pengelolaan pelayanan administrasi, melaksanakan tugas lain sesuai fungsi dan tugasnya.
  2. Kepala Sub Bagian Tata Usaha mempunyai rincian tugas sebagai berikut :
  1. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Tata Usaha berdasarkan rencana operasional Bagian Bagian Tata Usaha sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Tata Usaha;
  3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan Sub Bagian Tata Usaha sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  4. Memeriksa hasil kerja bawahan Sub Bagian Tata Usaha sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku  agar terhindar dari kesalahan;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Tata Usaha dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;
  6. Melaporkan pelaksanaan kinerja Sub Bagian Tata Usaha sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang;
  1. Melaksanakan administrasi penatausahaan keuangan, kepegawaian perlengkapan, rumah tangga, kearsipan dan inventarisasi aset dilingkup biro;
  2. Melaksanakan pengelolaan sistem informasi administrasi penatausahaan keuangan, kepegawaian, kearsipan, perlengkapan, rumah tangga dan inventarisasi aset biro berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. Menyusun rencana kerja, perjanjian kinerja, bahan rencana strategis setda, bahan rencana pembangunan jangka menengah daerah lingkup Biro;
  4. Menyusun laporan akuntabilitas, laporan keuangan, bahan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah, bahan laporan keterangan pertanggungjawaban, laporan fisik dan keuangan;
  5. Menyelenggarakan penatausahaan data dan informasi serta kehumasan biro;
  6. Membuat laporan dan evaluasi pelaksanaan tugas, sesuai tugas dan fungsinya;
  7. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan, baik lisan maupun tertulis.
  8. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis;

 

 

 


Jadwal Sholat


Prakiraan Cuaca


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Peta


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran